Sunday 29 July 2012

Sekilas Tentang Squidoo

Sekilas Tentang Squidoo - Squidoo merupakan web 2.0 yang bisa kita gunakan untuk mempublikasikan artikel, seperti halnya wordpress.com, blogspot, dll. Kalau kita bikin akun di wordpress.com & blogspot.com maka kita akan mendapatkan subdomain (misal http://blogku.wordpress.com), tapi kalau di Squidoo tidak pakai subdomain.

Tema artikel (kalau di Squidoo disebut lens atau lensa) apa aja yang bisa kita tulis di Squidoo? Banyak sekali! Kita bisa nulis tentang review produk (amazon, clickbank, cj, plimus, dll), tentang tips trik, hobby, dll. Beberapa tema artikel yang tidak boleh dipublish di squidoo antara lain tentang adult, gambling, MLM, money game, warez, dll. Lebih lengkapnya silakan ke sini: http://www.squidoo.com/squiddont#module114275781

Bagi yang belum terbiasa, penulisan content di Squidoo sedikit agak ribet karena Squidoo menggunakan sistem modul untuk penulisan contentnya. Ada banyak jenis modul yang disediakan, antara lain:

Apa itu Squidoo

Sekilas Tentang Squidoo

- Text Module --> Modul ini tempat kita menulis artikel kita. Karena tidak dilengkapi dengan WYSIWYG maka untuk memformat tulisan dan tampilan maka kita harus menggunakan kode HTML secara manual.

- Text with Big Picture --> Untuk mengisi gambar dengan ukuran yang besar

- Amazon Module --> Untuk mengambil produk dari amazon.com berdasarkan kata kunci yang kita pilih.

- Ebay Module --> Untuk mengambil produk dari ebay.com berdasarkan kata kunci yang kita pilih.

- RSS Module --> Untuk mengambil content dari RSS

- Video Module --> Untuk menampilkan video dari Youtube, Vimeo, Amazon, dll.

- dll

Lebih lengkap tentang modul Squidoo silakan ke sini: http://www.squidoo.com/module-index

Selama ini saya lebih suka nulis di Squidoo daripada pakai domain dan hosting sendiri. Bukan pengen ngirit biaya, tapi karena Squidoo merupakan authority site sehingga secara natural SEOnya sudah cukup bagus. Jadi untuk masuk di top ten SERP google kita nggak perlu mati2an nyari backlink :D Tapi tentunya bukan untuk keyword yang tingkat kompetisinya sangat tinggi.

Nah saya publish artikel di Squidoo tentunya bukan sekedar buat hobby, tapi untuk nyari $$$$ ;-) Monetize dari squidoo bisa berasal dari revenue sharing berdasarkan rangking lensa kita.

Tier 1 --> lens rank 1 - 2000

Tier 2 --> lens rank 2001 - 10.000

Tier 3 --> lens rank 10.001 - 85.000

Jika artikel (lensa) yang kita buat masuk Tier 1 maka kita akan mendapat sekitar $40 - $50 per artikel per bulan. Kalau Tier 2 sekitar $7, dan Tier 3 $0.36. Besar kecilnya bagi hasil tersebut kalau tidak salah tergantung dari total pendapatan yang diperoleh oleh Squidoo. Semakin besar pendapatan Squidoo maka $$ yang dibagi ke publisher (disebut lens master) juga akan semakin banyak. Read more: http://www.squidoo.com/Squidoo_Payday

Pendapatan tersebut masih ditambah kalau kita bisa menjual produk dari amazon & ebay (jika kita menggunakan amazon atau ebay module).

Jadi dari segi potensi sebenarnya Squidoo masih cukup menjanjikan ;)

Bersambung ....

Sekilas Tentang Squidoo Original by Pak Rektor @Muhammad Lutfi JFD

No comments:

Post a Comment