Sunday 4 December 2011

Bantimurung Objek Wisata Terbaik di Sulawesi Selatan

Air terjun Bantimurung Objek Wisata Terbaik di Sulawesi Selatan
Air terjun Bantimurung Objek Wisata Terbaik di Sulawesi Selatan

Tahukah anda gambar objek wisata air terjun dimana itu? Bagi teman-teman yang belum tahu pasti penasaran, bukan? Apalagi kalau teman-teman adalah seorang petualang. Wisata air terjun tersebut adalah Air Terjun Bantimurung, Objek Wisata Terbaik di Sulawesi Selatan. Objek Wisata Bantimurung terletak di sekitar 20 km dari Bandara Hasanuddin, 15 km dari kota Maros dan lengkapnya di wilayah Kecamatan Bantimurung, Kabupaten Maros, Provinsi Sulawesi Selatan, Indonesia. Secara Geografis letaknya berada pada koordinat 4°54′S 119°45′E seperti yang terlihat pada gambar koordinat Bantimurung Objek Wisata Terbaik di Sulawesi Selatan di bawah ini :
Koordinat Bantimurung Objek Wisata Terbaik di Sulawesi Selatan
Koordinat Bantimurung Objek Wisata Terbaik di Sulawesi Selatan

Obyek Wisata Bantimurung memiliki luas wilayah sekitar 7000 km2, di dalam wilayah seluas 7000km2 itu terdapat Air terjun. Air Terjun bantimurung tersebut memiliki lebar kurang lebih 20 meter dan tinggi 15 meter dan airnya luar biasa jernih yang mengalir deras dari atas kebawah (sebenarnya ga mungkin juga kalau mengalir dari bawah ke atas ^^) sepanjang tahun.

Bantimurung Objek Wisata Terbaik di Sulawesi Selatan

Ada beberapa alasan kenapa Bantimurung disebut Objek Wisata Terbaik di Sulawesi Selatan diantaranya adalah selain memiliki air terjun yang indah Objek Wisata Bantimurung merupakan tempat atau habitat spesies kupu-kupu langka yang tidak ada duanya di dunia ini.

Dari salah satu sumber yang saya baca dahulu ada seorang naturalis asal Inggris yang pernah tinggal di daerah bantimurung untuk meneliti berbagai jenis spesies dari kupu-kupu langka ini. Mantan penjajah negara kita yakni Belanda juga menjuluki tempat itu sebagai “Kingdom of Butterfly” karena memang disana layaknya surga kupu-kupu.

Dalam kawasan wisata batimurung juga terdapat pusat pelestarian Kupu-kupu yang terbesar di Indonesia. Karena kupu-kupu di dalam objek wisata batimurung ini adalah kupu-kupu langka perlu di khawatirkan akan kepunahannya, oleh karena sebab itu pemerintah daerah maros membuat penangkaran lokasi untuk kupu-kupu. Penangkaran tersebut tidak semua kupu-kupu ditangkap lalu dimasukkan dalam suatu wadah, yang ditangkap hanyalah beberapa ekor dari tiap jenis kupu-kupu. Sehingga sampai saat ini keindahan objek wisata bantimurung masih di selimuti oleh indahnya warna-warni kupu-kupu yang berterbangan. Selain penangkaran tadi juga terdapat sebuah museum kupu-kupu sebagai informasi dan pusat data kupu-kupu yang hidup di alam Bantimurung. Gambar dibawah ini adalah salah satu gambar pintu masuk ke dalam kawasan pelestarian dan museum kupu-kupu di batimurung.

Kupu-kupu Bantimurung Objek Wisata Terbaik di Sulawesi Selatan
Kupu-Kupu Bantimurung Objek Wisata Terbaik di Sulawesi Selatan

Selain terdapat kupu-kupu yang menyelimuti keindahan alam tersebut bantimurung juga memiliki dua buah Goa yang terletak di sekitar air terjun yakni Gua Mimpi dan Gua Batu. Namun kenapa bisa disebut Gua mimpi atau batu saya pribadi belum tahu asal usulnya. Bisa jadi alasan disebut Gua Mimpi bisa seperti mitos-mitos nenek moyang yakni barang siapa yang masuk dan memiliki keinginan dan mimpi, keinginan atau mimpi itu akan terwujud tetapi juga harus disertai dengan doa dan usaha.

Bantimurung Objek Wisata Terbaik di Sulawesi Selatan

Selain kupu-kupu, gua dan air terjun di dalam objek wisata batimurung yang terbaik di sulawesi selatan ini juga terdapat sebuah wahana bermain bola air raksasa. Bola raksasa tersebut muat untuk di masuki dua sampai tiga orang yang kemudian akan di gulirkan untuk mengitari atau mengelilingi air sungai di sekitar kawasan Bantimurung. Bagimana apa anda tertarik?

Bola Raksasa Bantimurung Objek Wisata Terbaik di Sulawesi Selatan
Bola Raksasa Bantimurung Objek Wisata Terbaik di Sulawesi Selatan

Ketika sudah capek dan kepuasan melanda diri kita, waktunya untuk pulang, bukan? Saat pulang jangan sekedar langsung pulang, rugi donk rasanya jika kita tidak membeli sebuah souvenir di Bantimurung Objek Wisata Terbaik di Sulawesi Selatan ini. Di kanan kiri sepanjang jalan pulang terdapat beberapa penjual souvenir atau jajanan khas daerah. Suovenir juga sangat menarik yakni awetan kupu-kupu langka (tentunya yang sudah mati baru di awetkan) yang dibingkis dalam figura dan besar kecilnya juga bervariasi sehingga cocok untuk dipasang di dinding rumah kita.

Owh iya ada tambahan lagi bahwa kemarin di dalam Pameran Potensi Nusantara Expo 2011 di Amplaz Jogjakarta, Maros meraih stan terbaik berdasarkan tingginya antusias pengunjung untuk mengetahui potensi alam di bantimurung.


Di bawah ini juga terdapat dua buah video yang diupload oleh dadiotv yang meliput langsung tentang Bantimurung Objek Wisata Terbaik di Sulawesi Selatan.

Bantimurung Objek Wisata Terbaik di Sulawesi Selatan Part 1


Bantimurung Objek Wisata Terbaik di Sulawesi Selatan Part 2


Bagaimana teman-teman apa ada yang kurang jelas penyajian saya tentang Bantimurung Objek Wisata Terbaik di Sulawesi Selatan ini ?Jika ada bisa ditanyakan soal bantimurung objek wisata terbaik di sulawesi selatan bisa tanya langsung ke azhie ( 5.0 )
atau ke Komunitas Blogger Maros.

27 comments:

  1. Jadi pingin berlibur kesana, tapi kapan yah>

    ReplyDelete
  2. Saya tunggu ntar di antr tapi biaya masuk bayarin wkwkw Rp.10000 aja ko

    ReplyDelete
  3. @akita-kun : wah ternyata punya temen yang asli sana, horeee

    ReplyDelete
  4. Saya sudah pernah ke Bantimurung. Tapi menurut saya, bantimurung bukan objek wisaya terbaik di Sulawesi selatan. Yang terbaik menurut saya adalah Tanah-Toraja.

    ReplyDelete
  5. Kerenn banget... terakhir ke bantimurung waktu tahun 1980-an. Sudah maju banget tu pariwisatanya^_^

    ReplyDelete
  6. wahhhh.. mantaph gan.... nice post....

    @tongkonanku : kalo menurut anda tongkonan yang terbaik,, (itukan menurut anda). kalo menurut saya bantimurung yang terbaik (itu menurut saya). ^_*

    ReplyDelete
  7. @tongkonanku : kalau menurut saya sih semuanya terbaik ^^

    ReplyDelete
  8. @mbak Rika : wah sudah lama banget ya mbak :D

    ReplyDelete
  9. hehe, sing penting disyukuri lah,

    ReplyDelete
  10. Kupu-kupunyaa gedeeeee.
    membayangkan, uletnya seberapa ya??

    ReplyDelete
  11. @Putrie Jrs : Uletnya juga gede2 :p

    ReplyDelete
  12. Nice article gan
    visit back ya

    ReplyDelete
  13. kapan-kapan kita ke sana yuk!
    kita kompas aja angingmamiri untuk beliin tiket kapal. wkwkwkwk...

    ReplyDelete
  14. maksimal, kpn2 mrono karo pacare lah

    ReplyDelete
  15. @kombor dan @ardy : Siap laksanakan :D

    ReplyDelete
  16. kapan dijak ndono masbroo :D
    bareng2 tp dibayari lah :D

    ReplyDelete
  17. Wah trimakasih infonya, jadi tambah pengen kesana nih setelah baca ulasan yang detail ini.

    ReplyDelete
  18. mantap tenan mas bro..
    semangat..cusss

    ReplyDelete
  19. Selain bantimurung ada juga "Tanjung Bira" dengan pantai pasir putih dan laut biru yang jernih. orang-orang kadang menyebutnya Hawaii

    ReplyDelete